Suwaru Bandung_ gelar Musyawarah Perempuan, Anak Dan Disabilitas (MUSPADI) Desa Suwaru Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun 2022, di Balai Desa Suwaru, (21/01/2022) Pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Suwaru, Ketua BPD Desa suwaru,Perangkat Desa Suwaru, Anggota PKK, Pimpinan Organisasi Profesi, Organisasi Masyarakat, Perwakilan anak.

kepala Desa Suwaru, Bpk. Toha Mahsun, dalam laporannya mengatakan, tujuan diadakan acara tersebut untuk mengidentifikasi isu dan masalah perempuan, anak dan disabilitas/kelompok rentan lainnya di Kabupaten Tulungagung, serta menyusun rekomendasi usulan penyelesaian masalah untuk perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan lainnya di Desa.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PKK Desa suwaru ,Ibu. Puji Astuti, juga menyampaikan bahwa, banyaknya isu-isu yang perlu diidentifikasi .

Di sisi lain kita harus memahami bahwa akhir-akhir ini permasalahan anak pada skala nasional terus meningkat diantaranya kekerasan fisik dan seksual, eksploitasi anak, penelantaran dan perlakuan salah. Oleh karena itu forum ini akan menghasilkan rekomendasi yang mampu menginspirasi dan mendorong anak-anak untuk berkarya dan bercita-cita tinggi tanpa harus kehilangan jati diri, empati dan kepekaan dengan lingkungan disekitarnya.

Ny.Maryoto Birowo dalam MUSPADI daerah pernah menandaskan bahwa, dalam konteks ini ,penting dilakukan gerakan dan wadah bersama bagi perempuan, anak dan disabilitas di wilayah Kabupaten Tulungagung untuk menyatukan visi dalam “Pembangunan Tulungagung yang eklusif, berkeadilan, dan layak anak, agar mampu mengakomodir kebutuhan dan kepentingan perempuan, anak, sehingga mempunyai posisi tawar, dan terlibat secara aktif dan partisipatif dalam pembangunan.

“Kami harap kiranya perangkat daerah yang terlibat terus mendorong terwujudnya Tulungagung Inklusif dengan perencanaan, penganggaran yang mengakomodir/mengintegrasikan kepentingan Perempuan, Anak dan Disabilitas,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini bisa diambil kesimpulan bahwa pihak desa memperhatikan betul masalah masalah yang beredar dan berkembang di masyarakat desa suwaru .

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?